Friday, July 31, 2009

Pegatron: Netbook dengan asrsitektur Palm Pre



Kita mungkin sudah tidak asing dengan sebuah netbook yang diotaki dengan prosesor Intel Atom, namun netbook dengan prosesor berbasis ARM mungkin terdengar cukup unik.

Baru-baru ini salah satu produsen mikroprosesor telah membuat produk prototype, yakni sebuah netbook yang menggunakan arsitektur yang sama dengan arsitektur yang dimiliki oleh Palm Pre. Netbook tersebut dibuat oleh ASUS namun diberinama Pegatron, dengan menggunakan komponen Freescale iMX515 CPU–sebuah produk yang menggunakan prosesor berbasis ARM Coretex-A8 yang sama digunakan pada Palm Pre.

Pada perangkat smartphone, chip ini hanya mampu berjalan pada kecepatan600MHz, namun ketika chip ini dipasang pada Pegatron, ternyata chip tersebut mampu berjalan hingga kecepatan 1Ghz. Mungkin kebanyakan dari kita tidak tahu akan hal ini, namun chip yang berukuran 65nm Coretex-A8 mampu memproses film definisi tinggi dan game 3D.

Dengan prosesor tersebut, sebuah netbook tidak membutuhkan sumber tenaga yang besar, dengan dua buah sel baterai saja, Netbook ini dapat digunakan lebih lama dari yang diperkirakan, namun keterangan pasti mengenai hal ini harus banyak diuji coba.

Pegatron memiliki body yang sama dengan Netbook lain pada umumnya, dilengkapi dengan dua buah port USB, D-Sub Video dan pembaca kartu memory. Jika memang Pegatron (atau Asus) berencana untuk membuat produk ini secara massal, mungkina akan dilakukan banyak peningkatan dari fitur netbook ini.

Mungkinkah prosesor ARM akan menjadi saingan bagi Intel Atom di masa datang?, karena memang sesungguhnya, sebuah netbook menggunakan beberapa komponen yang sama dengan yang digunakan oleh smartphone. Bagaimana menurut pendapat Anda? silahkan berikan komentar Anda disini. [Q]

No comments: