Tuesday, April 03, 2012

Menggunakan BlackBerry Sebagai Pengganti Laptop


BlackBerry sebagai perangkat ponsel yang “selalu terhubung” dengan Internet itu kini telah menjadi sebuah smartphone yang relatif murah sehingga banyak orang kini lebih memilih BlackBerry ketimbang ponsel biasa.

Apa yang menarik bagi saya dari sebuah ponsel BlackBerry adalah karena ponsel ini merupakan sebuah smartphone yang menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya, terutama kemudahan untuk mengakses Internet, adanya layanan Push Mail, koneksi ke status jejaring sosial serta selalu terhubung dengan teman-teman chatting baik itu melalui BlackBerry Messenger, GTalk, Live Messenger maupun Yahoo Messenger.

Terlebih ketika saat ini paket layanan BlackBerry telah tersedia deganberbagai pilihan, mulai dari paket hemat hingga paket ekstrim, tentu penamaan paket itu adalah hanya istilah yang saya berikan karena saat ini hampir semua operator mengeluarkan paket serupa dengan memberikan nama paket yang berbeda-beda dari setiap operator, bahkan belakangan beberapa operator mengeluarkan paket yang benar-benar relatif murah dengan masa aktif selama 90 hari, karena itu untuk paket ini saya menyebutnya dengan "paket dhuafa", sekali lagi pemberian nama paket itu hanyalah sebutan penulis saja.

Dengan kemudahan akses yang dimiliki oleh sebuah perangkat BlackBerry saya mencoba untuk menjadikan perangkat ini sebagai pengganti laptop untuk mengerjakan pekerjaan saya sehari-hari, Ok! tentu ini tidaklah menggantikan laptop seutuhnya, namun mengingat apa yang saya lakukan adalah mengisi beberapa blog jadi saya mencoba untuk mengoptimalkan  BlackBerry untuk membantu mengerjakan update konten untuk blog yang saya kelola ini.

Saat ini saya memiliki beberapa blog pribadi yang dihosting dari situs blog gratisan seperti Blogger.com, WordPress.com, dan Tumblr.com, menariknya ada berbagai cara bagi saya untuk mengirimkan tulisan saya ke blog-blog tersebut.

Untuk Blogger.com misalnya, layanan blog gratisan yang digagas oleh Google ini telah menawarkan opsi update blog melalui e-mail sehingga saya bisa mengupdate blog saya cukup dengan mengirimkan e-mail ke alamat yang telah kita atur pada bagian Blogger dashboard, sehingga proses pengiriman tulisan dan foto bisa dilakukan layaknya kita mengirimkan e-mail dan foto kita sisipkan pada attachment, begitu juga untuk situs Tumblr.com karena situs ini juga memiliki opsi serupa untuk proses pengiriman artikelnya.

Sedangkan untuk blog yang dikelola dengan engine WordPress, kita memiliki aplikasi khusus yang telah disediakan oleh WordPress khusus untuk pengguna smartphone BlackBerry yang bisa diunduh di situs http://blackberry.wordpress.org. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa lebih memiliki keleluasaan untuk mengupdate blog mereka karena pada aplikasi WordPress Mobile ini tersedia opsi-opsi tambahan layaknya kita membuka halaman dashboard WordPress di komputer walau tampilannya memang telah disederhanakan agar lebih mudah diakses oleh perangkat ponsel atau perangkat tablet BlackBerry PlayBook.

Bagaimana dengan aplikasi pengolah kata?
Sebagai penulis, aplikasi pengolah kata tidak lepas dari keseharian pekerjaan mereka, beruntunglah karena aplikasi Documents ToGO telah disematkan pada beberapa seri perangkat BlackBerry, sayangnya aplikasi ini harus dibeli namun bagi pengguna BlackBerry PlayBook, aplikasi Documents ToGo telah tersedia secara gratis dalam versi penuh.

Selain itu, saya bahkan sering menggunakan aplikasi bawaan BlackBerry yakni MemoPad, ini adalah aplikasi ringan yang kerap saya gunakan untuk menulis artikel atau berita sebelum di upload ke blog, karena ada kalanya koneksi yang digunakan tidak stabil ketika mengupload tulisan menggunakan aplikasi WordPress Mobile ini, untuk menghindari hilangnya tulisan maka saya kerap menyimpannya terlebih dahulu pada aplikasi MemoPad atau Documents ToGo tadi.

Ya seperti yang telah saya katakan di awal, bahwa peragnkat ponsel BlackBerry tidak sepenuhnya menggantikan laptop, namun bagi saya pribadi saya penggunaan BlackBerry sebagai media untuk megupload konten ke blog sangatlah bermanfaat.

1 comment:

Sapuan said...

Ternyata bisa update blog lewat email ya horeee... saya sdh lama pengin coba, pasti ini akan sangat efisien dgn memiliki BB.terimaksih infonya mas gani...