Saturday, December 15, 2012

Tahun 2013, jumlah pengguna Internet melalui ponsel akan lampaui jumlah pengguna PC




Penggunaan telepon selular (ponsel) saat ini sudah semakin lazim, bahkan perangkat genggam ini telah menjadi barang yang seakan wajib dibawa-bawa setiap hari, karena itu ada sebuah ankedot "lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel".

Fakta itu memang benar, karena saat ini sedikitnya ada sekitar 1,3 milyar pengguna ponsel diseluruh dunia dan masih terus akan bertambah.



Penggunaan ponsel saat ini tidak hanya terbatas untuk ber-hal-halo atau berkirim SMS saja, sebagian besar dari kita telah memanfaatkan ponsel sebagai perangkat untuk mengakses Internet. Menurut riset dari Morgan Stanley diperkirakan bahwa pada tahun 2013, jumlah pengguna Internet melalui perangkat ponsel akan melebihi julah pengguna Internet di PC (personal computer).

Pada tahun 2013, jumlah pengguna Internet di ponsel dan di PC akan bersinggungan hingga mencapai angka 1,6 miliar unit namun angka pengguna ponsel akan terus bertambah pada tahun yang sama hingga jumlahnya jauh melampaui pengguna PC.

Dan menurut analis tersebut, diperkirakan bahwa pada tahun 2015 nanti, pengguna ponsel akan mencapai 2 miliar unit sedangkan pengguna PC hanya mencapai 1,7 miliar unit saja. Prediksi ini cukup masuk akal mengingat perangkat ponsel saat ini telah mendukung koneksi Internet berkecepatan tinggi dan memiliki mobilitas yang jauh lebih fleksibel dibanding perangkat PC.

Walaupun hal diatas sepertinya menarik, namun bukan berarti tidak memiliki sisi negatif, kemudahan untuk mengakses konten secara instant memungkinkan sangat mudahnya bagi sebuah sistem di ponsel untuk terserang virus, selain operator juga harus berlomba menambahkan jaringan infrastruktur dan layanan yang ada.

Namun itu semua tinggal bagaimana kita menyikapinya, karena semua itu bisa jadi sebuah tantangan dan peluang bisnis baru bagi kita. Bagaimana menurut Anda?

No comments: